Gorosei

Pemimpin tertinggi pada organisasi Pemerintah Dunia adalah Gorosei. Mereka adalah 5 orang tua yang pertama muncul pada cerita 233:Kekuasaan Tertinggi di Dunia. Mereka yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan Pemerintahan dunia. Chiper Pol dan Angkatan Laut serta para Shichibukaisemuanya diatur oleh Gorosei. Mereka memiliki setidaknya pengetahuan dasar tentang abad kekosongan 800 tahun yang lalu. Salah satu Gorosei yang tinggi dan berjenggot yang berbicara dengan Prof. Clover dan menyuruh Spandine menembaknya.
Salah satu keanehan pada Gorosei yaitu pada cerita 20 tahun yang lalu, 22 tahun yang lalu, dan sekarang, wajah mereka sama sekali tidak berubah sampai rambut dan jenggotnya sekalipun.
  
Angkatan Laut

Angkatan laut adalah unit pemerintah yang mendominasi sebagian besar cerita ini. Angkatan Laut adalah satu-satunya organisasi militer yang menjaga keamanan dunia, terutama setelah dunia memasuki Era Bajak Laut. Angkatan Laut bekerja langsung dibawah Gorosei.


Cipher Pol 

 
Cipher Pol adalah semacam organisasi kepolisian yang bertugas mengumpulkan data yang dicari pemerintah. Cipher Pol terdiri dari Cipher Pol 1 sampai Cipher Pol 8 dan mereka bekerja di 8 belahan bumi di dunia.
 
Shichibukai
Shichibukai (7 dewa bajak laut) adalah 7 orang bajak laut yang bekerja secara resmi untuk Pemerintah Dunia dan membagi beberapa persen bagian pendapatannya untuk pemerintah.

 
Profesor Vegapunk
Profesor Vegapunk adalah profesor yang bekerja untuk Pemerintah Dunia. Vegapunk bekerja dalam organisasi Angkatan Laut. Dialah yang menyelidiki tentang keberadaanbatu laut yang bisa melemahkan para pemilik kekuatan buah iblis. Penemuan lainnya adalah cara menggabungkan kekuatan buah iblis dengan sebuah benda.
Kapal-kapal milik angkatan laut di lambung kapalnya dipasangi batu laut, gunanya untuk “menghilangkan” keberadaan kapal dari mata monster laut sehingga bisa bebas melewati Calm Belt.

 
Prajurit Pemerintah
Prajurit-prajurit ini sejajar dengan prajurit angkatan laut, baik jumlah maupun kekuatannya. Mereka juga bekerja bersama-sama dengan prajurit Angkatan Laut di Enies Lobby. Sampai sekarang, sistem perpangkatannya belum diketahui.
Seragam mereka hitam penuh, dan ada lambang WORLD GOVT. -nya di dadanya warnanya putih. Mereka juga mengenakan topi cowboy berwarna hitam. Salah satu dari prajurit Pemerintah adalah Corgy yang muncul menemui Iceberg pada cerita Water Seven.