Gol D. Roger, atau dikenal sebagai Gold Roger, adalah orang pertama yang muncul dan menjadi pencetus dimulainya Era Bajak Laut yang menjadi latar kisah ini. Sampai sekarang, Gold Roger adalah pemegang kunci cerita ini walau hanya muncul sesaat.

Raja Bajak Laut
Gol D. Roger adalah sang raja bajak laut, sebagai bajak laut terkuat yang memiliki harta legendaris, One Piece. Roger dikenal sebagai orang yang dapat menaklukan Grand Line dahulu. Dia tidak takut bahaya Grand Line yang dijuluki kuburan bajak laut itu dan malah tertarik untuk pergi ke sana.
Dia dikatakan tidak punya rasa takut. 22 tahun yang lalu, di mana Roger dieksekusi, setelah di ungkapkan Rayleigh The Dark King (tangan kanan Gol D. Roger) bahwa sebenarnya Gol D. Roger tidak ditangkap, tetapi menyerahkan diri. Menurut Kapten Smoker, dia tersenyum karena sudah siap menerima kematiannya.




Pada beberapa lagu pembuka (
opening theme), sang raja bajak laut selalu mengatakan suatu hal dan yang jelas sangat berhubungan dengan keberadaan One Piece. Pada prolog cerita One Piece, (narator) menyatakan:

Kekayaan, kemasyhuran, kekuasaan. Seorang pria yang memiliki segalanya di dunia ini, Sang Raja Bajak Laut, Gol D. Roger !

Ini adalah kalimat yang terakhir di ucapkan oleh Gol D. Roger, yang mendorong orang di seluruh dunia mengarungi lautan dan memulai "Era Bajak Laut":

Harta karunku? Aku akan memberikannya, tapi... Carilah ! Aku telah mengumpulkan semua yang ada di dunia ini dan menyembunyikannya di tempat itu

Berikut adalah kalimat Gol D. Roger juga yang muncul pada cerita 100: Legenda Dimulai di mana Dragon pertama muncul. Kalimat ini juga ada pada lagu opening kedua dari One Piece anime, Believe (dinyanyikan oleh Folder 5).

Warisan cita-cita, takdir waktu, dan impian manusia adalah hal yang tidak akan pernah berakhir. Selama manusia terus mencari arti kebebasannya, hal ini tidak akan pernah bisa dicegah!

Kalimat di atas juga setengahnya dikataan oleh Kurohige (Marshall D. Teach) yang mengatakan pada Luffy setelah Bellamy membicarakan era baru. Mereka mengatakan hal yang sama dan mereka sama-sama punya inisial tengah, D.
Dan ini adalah kalimat yang diukirkan Roger pada lonceng emas raksasa di Skypiea:

Dulu aku ada di sini, dan kata-kata ini telah membimbingku sampai akhir

Kalimat berikut adalah kalimat yang diucapkan pada lagu pembuka ketigaHikari E (dinyanyikan oleh The Babystars):

Dunia adalah... Benar! Mengejar kebebasan dan dunia pilhanmu... Jika mimpi tanpa akhir adalah penuntunmu, dan mengambilnya merupakan wujud kepercayaan!

jadilah bajak laut dan raihlah kebebasan yg kita inginkan