Zaman dahulu kala. Orang-orang jenius lost century menemukan bahwa buah iblis golongan “berkekuatan penghancur besar” akan sangat berguna jika bisa diaplikasikan menjadi senjata perang.

Entah bagaimana caranya, akhirnya mereka menemukan metode untuk melakukannya. Hingga bermunculanlah kapal-kapal perang dengan senjata kemampuan buah iblis golongan “penghancur besar”.

Senjata legendaris Pluton dan Poseidon adalah senjata yang dikabarkan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Satu tembakan dari senjata ini bisa menghancurkan sebuah pulau. Jika dibandingkan dengan kapal perang marine, dibutuhkan 5 kapal perang besar dengan ratusan tembakan untuk menghancurkan sebuah pulau seperti Ohara. Ada kemungkinan Pluton dan Poseidon adalah sebuah alat yang diintegrasikan dengan sebuah buah iblis.

A. Pluton
Keberadaan PLuton pertama kali diungkapkan oleh Crocodile yang mendirikan organisasi Baroque Work untuk melacak keberadaan Pluton tersebut.

Crocodile kemudian berhasil menemukan Poneglyphs yang mengabarkan keberadaan lokasi Pluton tersebut. Tetapi Nico Robin sebagai satu-satunya orang yang mengetahui cara membaca tulisan Poneglyphs tidak mau membuka rahasia tersebut kepada Crocodile. Pada scerita selanjutnya diketahui bahwa sudah ada pihak yang mencari keberadaan Pluton sebelum Crocodile yaitu CP9. CP9 kemudian berhasil menemukan Blue Print rancangan Pluton namun berhasil dihancurkan Franky sebelum direbut oleh CP9. Bentuk dari Pluton juga diketahui adalah sebuah Kapal Laut.

Petunjuk mengenai kekuatan atau penampilan Pluton belum bisa dipastikan namun petunjuk mengenai hal tersebut bisa saja ditemukan pada rancangan kereta laut Tom atau rancangan kapal Sunny yang dibuat oleh Franky. Walaupun Tom dan Franky tak dapat membaca tulisan Poneglyphs namun merka bisa membaca gambar yang ada dalam rancangan tersebut, mengingat mereka pernah menjadi pemilik rancangan Pluton.

B. Poseidon
Tidak banyak yang diketahui mengenai apa sebenarnya Poseidon tersebut. Cerita mengenai Poseidon baru diketahui setelah Robin membaca Poneglyphs yang terdapat di Skypea. Keberadaan Poseidon saat ini hanya diketahui Gol D Roger yang telah meninggal dan juga krunya yang tersisa.

 

Kapan Pluton dan Poseidon Dibuat

 

Sampai saat ini belum bisa dipastikan kapan Pluton dan Poseidon dibuat. Sementara keberadaannya hanya diketahui oleh Gol D Roger dan mungkin juga beberapa orang krunya yang tersisa. Hampir semua pecinta One Piece mengatakan bahwa Pluton dan Poseidon dibuat pada masa kejayaan Kerajaan D, walaupun tak tertutup kemungkinan Pluton dan Poseidon dibuat pada masa-masa keruntuhan Kerajaan D.

A. Pluton dan Poseidon Dibuat Pada Masa Kejayaan Kerajaan D
Jika Pluton dan Poseidon dibuat pada masa kejayaan Kerajaan D (saya sendiri tidak setuju), maka akan timbul pertanyaan. Mengapa Pluton dan Poseidon tidak digunakan Kerajaan D untuk melawan Gorosei dan menghentikan pertumpahan darah. Adalah suatu kemustahilan jika Pluton dan Poseidon dibuat hanya untuk dijadikan hiasan semata. Atau mungkinkah Pluton dan Poseidon sejak awal diincar Gorosei untuk menguasai dunia, dan Kerajaan D lebih memilih menyembunyikannya dari pada menggunakannya. Saya rasa hal ini juga mustahil, karena tanpa Pluton dan Poseidon saja Gorosei bisa menguasai sebagian besar dunia di bawah bendera World Government dan Marine.

B. Pluton dan Poseidon Dibuat Pada Masa-Masa Keruntuhan Kerajaan D
Jika Pluton dan Poseidon dibuat pada masa-masa keruntuhan Kerajaan D, maka Pluton dan Poseidon dibuat oleh sisa-sisa pejuang Kerajaan Ddengan maksud dan tujuan agar kelak keturunan mereka dapat mempergunakannya untuk mengalahkan Gorosei dan membangkitkan kembali Kerajaan D.

Beberapa pecinta One Piece mengatakan bahwa Pluton dibuat di Water Seven karena Tom tinggal disana. Tapi dari ciri fisik Tom dan Kokoro dapat dipastikan mereka adalah manusia ikan yang habitatnya di Shabaody. Hal ini bisa dihubungkan dengan terusirnya para manusia ikan dari Pulau Shabaody adalah karena mereka tidak mau menyerahkan atau memberitahukan keberadaan Pluton kepada Gorosei yang juga mencari Pluton.