Pemerintah Dunia adalah yang memegang kekuasaan tertinggi atas dunia Internasional dalam dunia One Piece.
Ada 180 negara di dunia yang berpegang teguh kepada Pemerintah Dunia, dua yang baru diketahui adalah Kerajaan Arabasta dan Kerajaan Drum (Kerajaan Drum sudah tumbang dan diganti Kerajaan Sakura berlambang bajak laut). Negara-negara tersebut tetap menjalankan pemerintahannya sendiri-sendiri sebagai yang tertinggi, hanya saja mereka tetap saling berhubungan karena tergabung dengan Pemerintah Dunia.
Pada mulanya, Pemerintah Dunia disangka sebagai organisasi yang melindungi dunia untuk kepentingan semua orang. Menggunakan angkatan laut untuk menangkap kriminal dan melindungi warga tidak berdosa di setiap negara di dunia. Pemerintah sebagai organisasi yang punya hak penuh untuk mendukung ataupun menghentikan setiap tindak politik.
Kenyataannya, yang tidak diketahui oleh rakyat, pemerintah bergerak secara diam-diam, kotor, dan dengan alasan yang rumit. Pada beberapa cerita yang menyangkut-pautkan Pemerintah, diketahui pemerintah selalu menyembunyikan kebenaran dan tidak memperdulikan hak asasi orang. Orang-orang yang menjadi musuh Pemerintah Dunia akan terus diburu dan mereka yang diduga punya hubungan dengan orang itu juga akan diburu pula (walaupun orang itu hanya warga tak berdosa). Negara apapun yang melindungi atau menyembunyikan seorang kriminal akan ditindak secara cepat oleh Pemerintah Dunia (seperti seruan Buster Call). Peran penting Pemerintah untuk mengatur stabilitas internasional tidak sebanding dengan kejahatan yang mereka perbuat.