CP9 adalah satuan unit rahasia pemerintah yang memiliki kekuatan dan keistimewaan khusus. Kekuatan yang CP9 miliki bernama Rokushiki (enam wujud). Rokushiki sangat menambah kekuatan mereka mulai dari serangan, kecepatan dan pertahanan. Ada 9 orang agen CP9, empat diantaranya mempunyai kekuatan buah iblis. Markas CP9 berada di pulau pengadilan Enies Lobby
Pemerintah menginginkan rancangan senjata kuno Pluton (sebenarnya sebuah kapal perang raksasa) sehingga mereka memerintah CP9 untuk mencarinya. CP9 menemukan kalau rancangan kapal tersebut ada di tangan Iceburg, walikota Water Seven. Selama 5 tahun terkhir, empat anggota CP9 (Blueno, Rob Lucci, Kaku, Califa) menyamar menjadi orang-orang terdekat Iceburg. Setelah kelompok Topi Jerami datang bersama Robin, CP9 mengancam Robin agar dia mau membantu untuk merebut Blueprint Pluton. Jika tidak, para anggota Topi Jerami akan dihancurkan oleh serbuan Buster Call. Robin menyetujuinya karena Buster Call adalah sebagian dari masa lalu kelamnya.
CP9 mempunyai wewenang penyeruan Buster Call dari Admiral Aokiji. Diberikan kepada sang pemimpin, Spandam. CP9 punya anggota kesembilan yaitu anggota baru Nero si anjing laut. Selain wewenang untuk menyerukan Buster Call, CP9 punya hak istimewa untuk membunuh penduduk sipil yang tidak bisa diajak bekerja sama.