detail berita 
RENDANG, makanan khas Minang ini kini juga bisa diolah bersama coklat. Coklat rendang namanya. Tentu, terasa asing dan aneh didengar.

Di Padang, Sumatera Barat, coklat rendang kini mulai digemari, termasuk anak-anak. Bahkan, makanan ini dijadikan sebagai oleh-oleh atau souvenir khas Minang.

Siapa yang tidak kenal rendang, makanan terlezat di dunia ini kini juga diolah bersama coklat. Rendang termasuk makanan yang tahan lama dan tidak mudah basi, apalagi dicampur dengan coklat, bisa bertahan dalam satu tahun. Hal ini menjadi salah satu inspirasi oleh pembuatnya, Ernita.

Terletak di Jalan Andalas Padang, Nita bersama dua orang karyawannya meramu coklat dengan masakan rendang. Selain aromanya yang membangkitkan selera, rasa bumbu dan khas pedasnya yang terdapat di dalam coklat, membuat makanan ini patut untuk dicoba.

Cara membuatnya gampang, coklat batangan yang dipanaskan kemudian dicampur dengan rendang daging yang telah dihaluskan dan dicampurkan ke dalam coklat. Tentunya, ada bumbu rahasianya agar rasa coklat tidak hilang. Kemudian, dicetak dan didinginkan di dalam kulkas.

Coklat rendang ini banyak disukai oleh para perantau Minang, termasuk juga anak-anak. Selain rasa dagingnya yang gurih, manisnya coklat bisa menghilangkan rasa pedas dari bumbu rendang.

Selain coklat rendang, Nita juga membuat coklat balado. Usaha coklat rendang ini baru digelutinya dalam dua bulan terakhir karena ingin melestarikan budaya Minang