Gulai Cubadak adalah nangka muda. Gulai cubadak sendiri merupakan salah satu jenis sayur yang paling populer di Ranah Minang, Sumatra Barat. Gulainya memakai bumbu sederhana, berbeda dari kari India yang berbumbu kompleks, agar senada dengan citarasa dasar sayur-mayur. Santannya pun encer saja.

Nasi bungkus ala Minang selalu mengikutsertakan gulai cubadak dalam kemasannya. Fungsi gulai sederhana ini tidak dapat diremehkan. Ia memberikan tekstur dan citarasa pembeda dalam keanekaragaman sajian Minang yang umumnya pedas. Pendeknya, hidangan Minang tidak akan pernah lengkap tanpa kehadiran gulai cubadak.
Gulai cubadak pun tidak selalu tampil sederhana. Gulai cubadak khas Kapau, misalnya, tidak hanya mengandung nangka muda, melainkan diperkaya dengan: kacang panjang, kol, dan rebung. Rasanya pun lebih gurih. Dimakan dengan nasi dan sambal pun sudah memuaskan.
Gulai cubadak memiliki kemiripan dengan sayur serupa di Jawa yang disebut jangan gori atau lodeh tewel. Bedanya, gulai cubadak tidak memakai terasi. Di Jawa sayur serupa ini memakai tempe busuk sebagai penguat aroma dan citarasa.